Jumat, 28 Desember 2012

klasifikasi tanah


Sistem  klasifikasi tanah

Sistem klasifikasi tanah alami yang ada di dunia ini terdiri atas berbagai macam.  Sebab banyak Negara yang menggunakan sistem klasifikasi yang dikembangkan sendiri oleh Negara tersebut.
Nama golongan tanah dengan membubuhkan kata sol merupakan singkatan dari kata latin solum. Menurut Taksonomi Tanah pada tahun 1970, tanah dibagi menjadi 10 macam.

  1. oxisol, berasal dari bahasa perancis yang berarti oxide atau oksida. Tanah ini telah mengalami pelapukan yang hebat, terdiri dari campuran besi dan aluminium, sedikit bahan organik. Warnanya dari kuning ke merah coklat sampai coklat kemerahan. Jenis tanah ini meliputi tanah lateritik, latosol, dan laterit air tanah. (menurut klasifikasi tanah tahun 1949).
  2. ultisol, yaitu tanah yang mengalami pelapukan yang sangat hebat, yang ditandai pula dengan pengaruh luar, pencucian (leached). Warnanya merah sampai kuning. Lateritik coklat kemerahan, setengah bog (gambut), glei humus rendah.
  3. vertisol, yaitu golongan tanah yang khas terdapat pada region region bervegetasi sabana atau steppa, di daerah iklim tropika dan subtropika yang memiliki musim kering dan basah yang berganti ganti dengan nyata.
  4. entisol, yaitu tanah yang masih menunjukkan asal bahan induk. Jadi tanah ini masih baru, belum menunjukkan perkembangan horizon. Adapun yang termasuk jenis tanah ini adalah tanah alluvial, regosol gunung, regosol pantai, dan lithosol.
  5. inceptisol, yaitu tanah yang masih muda, baru mulai perkembangan penampangnya. Namun, sudah ada eluvasi. Golongan ini terjadi dalam hampir semua region iklim.
  6. spodosol, yaitu tanah yang tersebar dalam semua iklim, mempunyai solum yang sangat asam, kemampuan menahan air rendah,  dan kurang subur.
  7. molisol, yaitu tanah yang memilikik ciri halus atau lunak, pH kurang dari 7,0. adapun yang termasuk tanah jenis ini adalah chestnut, chernozem, brunizem (prairies), rendzina, dan sebagainya.
  8. alfisol, yaitu tanah yang tersebar di daerah beriklim lembab, kaya dengan aluminium, bbesi,air,daaha organic. Warnanya abu abu,horizonnya mengadung lapisa lapisan tanah liat (clay). Adapun yang termasuk tanah ini adalah greybrown podzolic dan wooded, beberapa planosol dan noncalcicbrown.
  9. aridisol, yaitu tanah yang sepanjang tahun kering, kandungan organiknya rendah, warnanya kemerah merahan, terbentuk di daerah gurun atau semigurun. Adapun yang termasuk tanah jenis ini adalah reddish dessert, sierozem, dan raddish brown.
  10. histosol, mencakup semua tanah organosol dan gambut (bog).

Itu diantaranya 10 Nama golongan tanah dengan membubuhkan kata sol (solum).    

3 komentar: